/ The Social Enterprise Lab

/ The Social Enterprise Lab

Kami memberikan solusi kreatif untuk wirausaha sosial melalui proses pembangunan kapasitas organisasi sehingga usaha sosial dapat bertumbuh menjadi organisasi yang mandiri dan berkelanjutan.

Cara Kami untuk Mendorong Dampak Sosial dan Lingkungan

Social Enterprise Lab kami dapat terlaksana karena keuntungan yang kami peroleh dari jasa TinkerSpace yang lain, yang digunakan untuk membayar jasa konsultan kami untuk merancang dan mengimplementasikan strategi yang dibutuhkan oleh usaha sosial, serta mensubsidi biaya perangkat-perangkat yang dibutuhkan usaha sosial untuk melanjutkan proses implementasi secara mandiri.

Layanan Kami

Konsultasi 1-1

Kalau kamu pendiri usaha sosial atau organisasi nirlaba dan sedang mengalami kesulitan untuk dapat berjalan secara mandiri, kami dapat membantumu!

Buat janji konsultasi GRATIS selama 30 menit bersama kami, agar kami dapat mengenalmu dan tantanganmu dengan lebih baik. Tanpa komitmen, kamu dapat memutuskan setelah kami mengajukan rencana kerja yang dapat membantumu mencapai tujuan organisasimu.

Kami juga memiliki rate khusus bersubsidi untuk usaha sosial/organisasi nirlaba!

Undang kami membawakan Workshop

Apakah kamu menyelenggarakan program akselerator usaha sosial atau program pembangunan komunitas, dan sedang mencari seseorang untuk membawakan workshop Pemasaran, Branding, dan Seni Bercerita (Storytelling)?

Kami dapat membantumu!

Kami telah membawakan workshop untuk wirausaha sosial melalui program-program yang diselenggarakan oleh Platform Usaha Sosial (PLUS) dan Ocean Plastic Prevention Accelerator (OPPA) dari SecondMuse. Kami mengerti caranya menyederhanakan teori besar dan rumit, menjadi langkah-langkah yang sederhana dan sangat mudah dilakukan.

Emal kami di hello[at]tinkerspace.id

 

Apa Kata Klien Kami

Proyek Kami Sebelumnya dengan Organisasi Sosial


PKP Community Centre

PKP Community Centre, dulu dikenal dengan nama KIM Women’s Centre, adalah organisasi sosial akar rumput asal Bali, yang didirikan oleh Ni Komang Sariadi, atau yang terkenal dengan nama Sari Pollen. PKP menyediakan tempat berlindung yang aman untuk perempuan, serta memberdayakan mereka melalui pelatihan keterampilan dan pemberian pekerjaan.

PKP Community Centre kini memberikan “rumah” yang bertumbuh, sebuah tempat aman untuk mendukung pertumbuhan dan kolaborasi seluruh anggota masyarakat, yang bekerja sama sebagai manusia yang setara untuk kemajuan kolektif. PKP memiliki beberapa aktifitas yang menghasilkan pendapatan bagi organisasi serta memberikan lahan pekerjaan bagi para anggotanya, seperti PKP Catering dan PKP Shop, namun saat ini PKP juga masih menerima donasi untuk mendanai biaya operasional mereka.

PKP telah mengidentifikasi prioritas dan tantangan utama yang mereka hadapi untuk bertumbuh, dan TinkerSpace membantu mereka mencapai tujuan mereka dengan menyusun strategi komunikasi yang terpusat, terpadu dan konsisten sebagai sarana untuk menginformasikan kegiatan dan kebutuhan mereka, serta memasarkan produk dan jasa yang ditawarkan oleh usaha sosial PKP. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pendukung-pendukung dan donatur gerakan mereka menemukan cara yang mereka inginkan untuk membantu PKP, serta melihat dampak dari donasi mereka terhadap kegiatan organisasi.

Kopi Panas Foundation

Kopi Panas Foundation (KPF) adalah organisasi nirlaba yang berbasis di Jakarta, yang fokus membangun kapasitas panti sosial Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang didirikan oleh individu dan berbasis sumbangan, untuk membantu dan memulihkan ODGJ dari kalangan ekonomi lemah dan seringkali ditemukan mengembara di jalanan kota-kota di Indonesia. KPF mengidentifikasi prioritas dan tantangan utama yang mereka hadapi secara internal, dan TinkerSpace membantu KPF mencapai tujuan organisasi dengan merancang dan mengimplementasi strategi pondasi/dasar organisasi yang dibutuhkan oleh KPF.

TinkerSpace menyediakan konsultasi in-house selama 3 bulan, untuk membangun kapasitas organisasi untuk meningkatkan dampak sosial. Hal ini dicapai melalui:

  1. Perombakan dan pengorganisasian sistem kerja internal, manajemen proyek, serta sistem kolaborasi (khususnya dalam masa pandemi COVID-19, dimana kemampuan bekerja dan berkolaborasi jarak jauh sangat dibutuhkan)
  2. Menetapkan tujuan kwartal dan tahunan organisasi, serta strategi yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.
  3. Membuat program dan strategi pengukuran dampak untuk membantu organisasi memanfaatkan kesempatan pendanaan tambahan, seperti sponsor perusahaan dan dana hibah
  4. Membuat dan menjalankan strategi Komunikasi dan Branding untuk meningkatkan awareness dan kehadiran online organisasi, termasuk melalui peningkatan kualitas konten Instagram dan pembuatan serta peluncuran ulang website organisasi
  5. Membangun audiens di media sosial melalui berbagai program interaktif, seperti obrolan Instagram Live yang berfokus pada topik kesehatan mental, untuk membantu masyarakat melewati masa social distancing dan isolasi mandiri.
  6. Membangun ulang situs resmi organisasi untuk lebih mencerminkan misi dan kegiatan yang dilaksanakan
  7. Melakukan penggalangan dana khusus untuk proyek-proyek COVID-19

Kami juga menyelenggarakan Workshop!

TinkerSpace merasa terhormat diundang untuk berkolaborasi dengan akselerator usaha sosial lainnya di Indonesia, seperti Platform Usaha Sosial (PLUS) dan program Ocean Plastic Prevention Accelerator (OPPA) yang diselenggarakan SecondMuse, untuk membawakan workshop dan melakukan konsultasi via telepon dengan wirausaha sosial di seluruh Indonesia, berkaitan dengan topik-topik Pemasaran, Branding, Penjualan, Storytelling, maupun eksplorasi ide dan model bisnis pada umumnya. 

Platform Usaha Sosial (PLUS)

PLUS adalah ruang kolaborasi bagi orang-orang yang ingin menciptakan dampak sosial dan lingkungan yang lebih berkelanjutan melalui bisnis. Saat ini PLUS aktif menjalankan program-program peningkatan kapasitas bagi wirausaha sosial di seluruh Indonesia. 

Dengan dana hibah dari Ford Foundation, PLUS dan Rumah Energi meluncurkan ProWomen, proyek sepanjang 1 tahun di Lombok. ProWomen diselenggarakan sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk mengembangkan dan menguji coba perangkat, metodologi, serta strategi media baru yang dapat disebarluaskan dan direplikasi, untuk memberikan layanan pengembangan bisnis berkelanjutan bagi usaha sosial yang dijalankan oleh perempuan di desa-desa di Indonesia.

TinkerSpace diundang untuk terlibat sebagai salah satu fasilitator workshop Branding, Pemasaran, dan Penjualan untuk program ProWomen yang diselenggarakan di Senggigi, Pulau Lombok, pada bulan Juli 2019. Selain itu, TinkerSpace juga melakukan obrolan konsultasi online dengan wirausaha sosial dari Padang dan Papua di bawah program Inclusive Island-nya PLUS, yang didukung oleh Developing Inclusive and Creative Economies (DICE) dari British Council, Indonesia. Developing Inclusive and Creative Economies (DICE) from British Council, Indonesia.

Ocean Plastic Prevention Accelerator (OPPA)

Ocean Plastic Prevention Accelerator (OPPA) adalah program yang diinisiasi oleh SecondMuse dengan tujuan membangun ekosistem inovasi sosial demi mengatasi polusi sampah plastik di laut Indonesia. Surabaya merupakan lokasi pertama untuk pilot project OPPA. Melalui berbagai kegiatan kolaboratif, OPPA mencoba mencari solusi inovatif untuk mengatasi tantangan dalam sistem pengelolaan sampah lokal dan sektor daur ulang.

OPPA telah meluncurkan pilot project di Surabaya dengan juga melibatkan inisiatif-inisiatif dari kota-kota lainnya di Jawa Timur, menjadikannya propinsi pertama untuk mendukung inovasi dalam mengatasi masalah sampah plastik. TinkerSpace diundang untuk memberikan workshop Branding dan Seni Bercerita (Storytelling) semasa acara mereka di Surabaya, pada bulan Februari 2020.

id_ID